Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Upaya Mewujudkannya

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Upaya Mewujudkannya – Mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat adalah langkah awal dalam membangun kehidupan yang damai. Tentu, kondisi lingkungan akan memberikan dampak begitu kuat terdapat makhluk yang tinggal di dalamnya.

Jika lingkungan tidak dirawat dengan baik, maka lingkungan bisa rusak dan mengancam kelangsungan hidup makhluk. Berawal dari polusi, tanaman mati, hingga datangnya bakteri atau virus yang membahayakan nyawa manusia.

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Upaya Mewujudkannya

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Cara Menjaganya

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Upaya Mewujudkannya. Lingkungan terdiri dari berbagai komponen, baik yang lahir secara alami maupun hasil dari buatan manusia. Untuk menghasilkan suatu lingkungan yang bersih dan sehat, dibutuhkan campur tangan dari manusia.

Setiap manusia ini memiliki sebuah tanggung jawab supaya bisa dalam menjaga suatu lingkungan sekitar agar selalu bersih. Dengan mewujudkan lingkungan yang bersih, maka kualitas hidup akan lebih baik dan kenyamanan beraktivitas juga turut meningkat.

Lantas, apa saja indikator lingkungan yang sehat itu? Bagaimana cara supaya suatu lingkungan bisa disebut sebagai lingkungan yang bersih dan sehat?

Memiliki Udara yang Bersih

Salah satu ciri-ciri lingkungan sehat adalah udaranya yang bersih, sejuk, dan segar. Di perkotaan, mungkin sulit untuk menemukan udara yang bebas dari polusi. Lain halnya di pedesaan yang masih akrab dengan hijaunya pemandangan.

Udara bersih tidak berbau dan tidak mempunyai warna. Sehingga, upaya agar kualitas udara di lingkungan sekitar Anda semakin baik adalah dengan menanam pepohonan untuk penyerapan karbon dioksida dan wadah produksi oksigen alami. Untuk lingkup rumah, pakailah air purifier untuk memfilter udara dari polusi.

Mempunyai Air Bersih

Selain udara, air juga menjadi patokan lingkungan bersih. Air yang bersih tidak mempunyai rasa, tidak berbau, dan tidak berwarna.

Adanya air bersih juga penting untuk kelangsungan hidup manusia sehari-hari. Air digunakan untuk minum, mandi, dan mencuci. Jika memiliki air bersih, masyarakat tidak perlu takut lagi terhadap tercemar dari kuman atau bakteri yang bisa mendatangkan penyakit.

Supaya air tetap bersih, jangan membuang sampah di sumber air atau aliran air, seperti sungai. Akan lebih baik jika Anda memasang filter air.

Tempat Pembuangan Sampah Mudah Ditemukan

Ciri-ciri lingkungan sehat ketiga yakni mudahnya menemukan tempat sampah. Sampai sekarang ini, sampah masih menjadi masalah dalam mengupayakan program lingkungan bersih. Padahal seperti yang kita tahu, sampah adalah salah satu sarang penyakit.

Maka dari itu, supaya sampah tidak berserakan, maka sediakan tempat sampah di setiap sudut tempat. Mulai dari di pinggir jalan, di taman, di pertokoan, atau di fasilitas umum lainnya.

Dengan adanya tempat pembuangan sampah tersebut, masyarakat akan semakin gampang untuk membuang sampah ditempatnya. Mereka tidak akan lagi meninggalkan sampahnya di sembarang tempat dan akan lebih bertanggung jawab dalam membuang sampah tersebut.

Pengelompokkan Jenis Sampah

Meski masih jarang masyarakat terapkan, ternyata pengelompokan sampah sesuai jenisnya ini adalah pondasi dalam membangun lingkungan yang bersih dan sehat. Sampah terpecah menjadi dua ragam yaitu organik dan non-organik.

Mulai dari diri sendiri, mulailah untuk mengelompokkan sampah sesuai jenisnya. Sampah seperti bungkus jajanan dan sampah plastik merupakan sampah tidak bisa terurai. Sedangkan sampah dedaunan, kertas bekas, dan sisa makanan merupakan sampah organik.

Tersedia Fasilitas Daur Ulang Sampah

Setelah berhasil dengan membuang sampah sesuai jenisnya, maka indikator berikutnya adalah adanya fasilitas pengelolaan dan daur ulang sampah. Sampah yang menumpuk di pembuangan akhir bisa memicu terjadinya pencemaran lingkungan.

Maka dari itu, olahlah kembali sampah-sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sampah anorganik yang tidak bisa terurai bisa Anda sulap menjadi kerajinan atau wadah baru. Sedangkan sampah organiknya bisa Anda olah menjadi pupuk tanaman.

Lancarnya Saluran Air

Saluran air yang lancar adalah ciri-ciri lingkungan sehat dan bersih, entah itu saluran pembuangan air habis pakai maupun saluran air bersih. Mengingat air bersih adalah hal krusial bagi makhluk hidup, maka jangan sampai kita terhambat untuk mendapatkan suplai air.

Begitu juga soal saluran pembuangan air yang bisa menjadi rumah nyamuk jika kita biarkan menggenang. Air bekas pakai yang mampet di saluran juga tentunya menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu kenyamanan.

Fasilitas Kakus yang Baik

Lingkungan yang bersih dan sehat wajib mengadakan fasilitas kakus atau septic tank dengan baik. Tidak hanya sebatas pada penyediaan wadah penampungan limbah manusia, namun juga menghubungkannya pada saluran air bersih sehingga pengguna kakus bisa membersihkan diri setelah buang air.

Di lingkungan pinggiran perkotaan atau pedesaan, sarana kakus ini masih memprihatinkan. Terkadang, masyarakat di sana lebih memilih untuk buang air di sungai. Padahal, hal itu berpotensi mencemari lingkungan di sekitarnya.

Banyak Tanaman Hijau

Ciri-ciri lingkungan sehat dan bersih berikutnya yakni adanya tanaman hijau di dalamnya. Tanaman hijau ini mempunyai peran dalam memproduksi oksigen serta menyerap karbon dioksida.

Maka dari itu, mulailah untuk menanam tanaman hijau dari sekarang. Anda bisa mengawalinya dengan menanam di pot, sudut rumah, atau taman. Bila lahan terbatas, gunakan konsep vertical garden.

Namun, jika anda masih mempunyai lahan yang luas, tanamlah pohon yang rindang. Di pinggir jalan bisa Anda canangkan untuk ditanami juga supaya teduh dan tampak asri. Jika sudah menanam, jangan lupa perawatannya juga, ya.

Tidak Membiarkan Hewan Peliharaan Berkeliaran

Tidak masalah mau memelihara hewan peliharaan apapun asalkan tidak mengganggu lingkungan dan ketenangan warga. Jaga dan rawat hewan peliharaan anda supaya tidak mencemari kebersihan lingkungan, terlebih di fasilitas umum.

Jika itu hewan anda biarkan berkeliaran dan mengotori lingkungan sekitar, maka sebagai pemiliknya, Anda wajib bertanggung jawab untuk membersihkannya. Sehingga dengan begitu orang lain tidak merasa rugi dengan kejadiannya.

Penutup:

Beberapa ciri-ciri lingkungan sehat dan cara mewujudkannya di atas bisa anda terapkan dari sekarang. Mulailah dari diri sendiri dengan hal-hal kecil, seperti menjaga kebersihan diri, kamar, rumah, barulah ke masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan bersih, sehat, dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *